Home
OSPEK MAHASISWA BARU 2013

OSPEK MAHASISWA BARU 2013

Ospek 2013

Sudah menjadi tradisi akademik dalam proses penerimaan mahasiswa baru adalah melaksanakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Begitu juga yang telah dilakukan di Politeknik Negeri Malang PDD Bojonegoro (Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro) tahun akademik 2013/2014. OSPEK dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 19, 20, 21, 22 dan 24 September 2013.

Pada hari pertama, kamis 19 September 2013 agenda kegiatan OSPEK diisi dengan kuliah perdana dari Bapak Bupati Bojonegoro Drs. Suyoto, M.Si sekaligus membuka secara resmi OSPEK Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2013/2014, setelah kuliah perdana juga dilanjutkan dengan kuliah tamu dari Deputi SEAMOLEC Bapak Ith Futhy, M.Sc dan juga dari Wakil Direktur IV Politeknik Negeri Malang Ir. Zenurianto, M.Sc. Kegiatan kuliah perdana dan pembukaan OSPEK tersebut dilaksanakan di Pendopo Malowopati Kab. Bojonegoro.

Untuk menggembleng kedisiplinan dan mental mahasiswa baru, pada hari kedua pelaksanaan OSPEK dilaksanakan di lapangan KODIM Bojonegoro, sebagai instruktur dari anggota KODIM Bojonegoro dan panitia. Mahasiswa Baru sangat antusias dalam mengikuti latihan kedisiplinan, acara dimulai jam 06.00 s.d 16.00, terdapat banyak materi yang disampaikan pada acara tersebut, diantaranya latihan baris berbaris, wawasan nusantara dan materi – materi yang dapat menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme.

Hari ketiga pelaksanaan OSPEK diisi dengan kegiatan outbond, acara dikemas dengan santai tapi cukup menantang, kegiatan outbond dilaksanakan di LEMCADIKAB Kalianyar Kab. Bojonegoro, acara dimulai pukul 07.00 s.d 16.00. Diantara tujuan dari kegiatan outbond tersebut adalah untuk menumbuhkan semangat kerjasama dan rasa percaya diri bagi calon mahasiswa baru. Sikap kerjasama dan pecaya diri sangat dibutuhkan pada saat mahasiswa sudah memulai proses akademik di sivitas akademika.

Peserta OSPEK digembleng dengan media outbond agar proses pendidikan tetap bisa berjalan dengan baik tetapi juga menyenagkan. Pada kegiatan awal dilaksanakan kegiatan secara kolosal oleh semua peserta dan dipandu oleh seorang Ko. Instruktur dan beberapa pendamping, target pada kegiatan tersebut untuk melatih kecermatan, ketelitian dan kebersamaan. Banyak instruksi yang diberikan oleh instruktur yang harus diikuti oleh peserta, dan tidak sedikit peserta yang tidak cermat sehingga tidak bisa mengikuti instruksi dan akhirnya mendapat sangsi dari instruktur.

Pada kegiatan outbond sesi kedua, peserta dibagi kedalam empat kelompok, karena tiap-tiap kelompok akan menempuh pos-pos penggemblengan secara bergantian. Ada pos dengan kegiatan merayap, melompat, melewati titian bambu diatas kolam dan diakhiri kegiatan dilapangan. Tidak sedikit peserta yang tidak bisa melewati pos sehingga banyak peserta yang berjatuhan dan basah kuyub, tetapi semua peserta terlihat sangat antusias dan gembira.

GAME ENTERPRENEUR dilaksanakan pada hari keempat, ini adalah media untuk menumbuhkan sikap kewirausahaan bagi mahasiswa baru, karena salah satu unsur sukses pendidikan vokasi adalah keterserapan didunia kerja dan kemampuan dalam menciptakan peluang usaha. Sehingga dalam OSPEK tahun ini dilaksanakan kegiatan yang bertajuk GAME ENTERPRENEUR, semua peserta digembleng untuk menjual produk yang dibawa,  peserta dibagi menjadi 7 kelompok dan berangkat dari pos – pos yang telah ditentukan, peserta harus berusaha menjual produk yang sudah dibawa sepanjang perjalanan dari pos sampai ke kampus Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro.