Home
Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM)

Foto-animasi-LDKMUntuk melatih dan membina kemampuan manajerial dan leadership bagi pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) di lingkungan Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro, yang terdiri dari HMJ Teknik Informatika, HMJ Teknik Otomotif dan HMJ Komputerisasi Akuntansi, bidang kemahasiswaan AK Negeri Bojonegoro telah melaksanakan LDKM pada hari Sabtu – Ahad Tanggal 12 – 13 Januari 2013 di bumi perkemahan Prataan Tuban.

Kegiatan LDKM tersebut diikuti oleh seluruh pengurus HMJ yang berjumlah 75 mahasiswa, mereka dengan sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya pengkaderan di kawah candradimuka untuk membentuk karakter kepemimpinan.

Pada pengarahan yang dilakukan oleh panitia saat persiapan pemberangkatan ada beberapa kesepakatan dan kesanggupan bersama yang harus di taati oleh peserta LDKM, diantaranya :

  1. Pantang mengeluh
  2. Pantang tolak tugas
  3. Pantang tugas tidak selesai

Dengan kegigihan dan kekompakan panitia, acara dapat berjalan dengan lancar sesuai yang  direncanakan. Peserta berkumpul dikampus Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro tepat pukul 11.00, selanjutnya menuju bumi perkemahan Prataan Tuban dengan armada 2 truk dan 4 mobil, sampai ditempat perkemahan seluruh peserta dan panitia bahu membahu mendirikan tenda dan sarana kegiatan serta dilanjutkan dengan upacara pembukaan. Bertugas sebagai pemimpin upacara Bp. Gunadi, M.Si dan sebagai inspektur upacara Bp. Eman Agus, S.Pd, sekaligus sebagai ketua panitia. Pada kesempatan tersebut pembukaan dan pengarahan disampaikan oleh Koordinator AK Negeri Bojonegoro Bp. Drs. Yudi Pramono, MM.

Pada session acara pertama bertema membangun teamwork dan kekompakan berakhir pukul 17.00, dilanjutkan Ishoma sampai pukul 19.30, tepat pukul 19.45 session kedua dilanjutkan dengan tema manajerial & leadership, pada session kedua ini peserta dibagi lima kelompok dan setiap kelompok dipandu oleh seorang pemateri yang terdiri dari, Irwan Wibisono, MT, Budiono, ST, Gunadi, M.Si, Rahmat Taufik, MM dan Ratno Budi, S.Pd. Tepat pukul 21.30 sesion kedua berakhir.

Peserta melakukan refreshing dengan game kecil dan menonton video motivasi selama 30 menit, dan pada pukul 22.00 sesion ketiga dilanjutkan dengan tema membagun kekuatan dan keyakinan spiritual seorang pemimpin, pada acara ketiga ini dipandu oleh Bp. Roli Abdurrahman, M.Ag, dosen AK Negeri Bojonegoro dan motivator sampai pukul 23.30. Selanjutnya seluruh peserta kembali ketenda masing – masing untuk berlayar ke pulau impian.

Pada saat seluruh peserta istirahat, panitia melaksanakan evaluasi dan koordinasi persiapan session keempat, jurit malam, pukul 13.00 seluruh peserta dibangunkan dan dibagi menjadi 10 kelompok untuk melakukan perjalanan/jurit malam, terdapat 5 pos yang harus dilewati oleh peserta dengan jarak sekitar 7 km, dengan tugas yang menantang, melewati jalan setapak ditengah hutan, acara jurit malam ini selesai pukul 04.45, dilanjutkan sholat subuh, bersih diri dan bersih lingkungan.

Usai makan pagi seluruh peserta bersiap – siap melaksanakan session kelima yaitu debat konstruktif, pada acara tersebut setiap kelompok dipandu oleh Pembina dan diberikan topik menarik untuk diperdebatkan. Dilanjutkan dengan game dan refreshing, dan tepat pukul 12.00 acara ditutup dan kembali ke kampus Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro.