Home
KUNJUNGAN DARI YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM BANDUNG

KUNJUNGAN DARI YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM BANDUNG

Copy of Kunjungan YPT BndgRencana pendirian Akademi Komunitas diberbagai tempat di Indonesia membuat Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro kebanjiran tamu untuk melakukan studi banding. Setiap institusi baik negeri maupun swasta yang ingin mendirikan Akademi Komunitas tentu harus mempersiapkan segala persyaratan dengan baik, termasuk melaksanakan konsultasi ke DirJen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga untuk efektifitas dalam melaksanakan pendirian Akademi Komunitas adalah dengan melaksanakan studi banding ke Akademi Komunitas yang sudah berdiri terlebih dahulu. Sesuai arahan Dirjen Dikti, tempat yang paling sering digunakan untuk studi banding adalah Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro.

Pada hari rabu tanggal 22 Mei giliran Yayasan Pendidikan Telkom Bandung yang melakukan studi banding ke AK Negeri Bojonegoro, rombongan dari bandung terdiri dari tiga orang yaitu 1. Runik M, 2. Agung Riksana, dan 3. Danang M. Tim dari Yayasan Pendidikan Telkom Bandung melaksanakan studi banding untuk persiapan pendirian perguruan tinggi vokasi Akademi Komunitas di lingkungan Yayasan Pendidikan Telkom Bandung. Pada saat kunjungan di AKN Bojonegoro diterima oleh Direktur AKN Drs. Yudi Pramono, MM dan jajaran pimpinan AK yang lain.

Pada kunjungan tersebut lebih banyak membahas tentang persiapan yang harus dilakukan oleh panitia pendirian, pembuatan proposal pendirian, menyiapkan tenaga dosen, sarana dan prasarana, dukungan potensi daerah, dukungan pemerintah daerah dan juga pembuatan analisis SWOT untuk mengkaji apakah Akademi Komunitas layak untuk didirikan dan disetujui. Pada saat itu juga dipaparkan segala kegiatan pada saat persiapan pendirian Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro, mulai dari proses pembentukan dan pembahasan group diskusi yang pada akhirnya mengerucut untuk membuka 6 prodi, pembentukan tim pendiri, penilaian proposal, visitasi lapangan dan persetujuan prodi yang dibuka.

Tim dari Yayasan Pendidikan Telkom Bandung juga melakukan kunjungan ke laboratorium AK Negeri Bojonegoro, lab Teknik Informatika, lab Komputer Akuntansi dan bengkel Teknik Otomotif. Selain melihat kelengkapan sarana praktek yang ada di AK Negeri Bojonegoro, tim juga banyak melakukan diskusi tentang sistem akademik yang diterapkan di AK Negeri Bojonegoro yang meliputi kurikulum, banyaknya jam pertemuan dan sistem penilaian.