Home
KULIAH PERDANA BUPATI BOJONEGORO

KULIAH PERDANA BUPATI BOJONEGORO

Kuliah perdana di malowopati_2013Pada hari kamis tanggal 19 September 2013 telah diselenggarakan kuliah perdana dan pembukaan OSPEK (Orientasi studi dan pengenalan kampus) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2013 – 2014. Pada kegiatan kuliah perdana dan pembukaan OSPEK tersebut dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Drs. Suyoto, M.Si, Deputi SEAMOLEC Ith Futhy, MA, Pudir IV Politeknik Negeri Malang Zenurianto, M.Sc. Sedangkan jumlah peserta OSPEK sebanyak 545 Mahasiswa dari tiga program studi, yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Komputerisasi Akuntansi dan Prodi Teknik Otomotif.

 

Pada kesempatan tersebut Bupati Bojonegoro Drs. Suyoto, M.Si menyampaikan paparan dan motivasi kepada seluruh calon mahasiswa baru, diawal paparannya Kang Yoto memberikan pertanyaan tentang kepemilikan sawah yang dimiliki oleh orang tuanya, mulai dari luas terkecil hingga yang memiliki sawah lebih dari 10 hektare. Tujuan dari pertanyaan bupati tersebut kemudian disimpulkan bahwa Tuhan tidak menciptakan sawah lagi, yang artinya lahan pertanian semakin sempit dan anak muda saat ini harus berfikir tidak lagi tentang sawah dan pertanian tetapi untuk bias secara inovatif dan kreatif belajar dan memanfaatkan teknologi dalam menyongsong masa depan.

 

Bupati Suyoto, M.Si memberikan contoh tentang proses membangun SDM di Negara Korea Selatan, Negara yang terkenal dengan sebutan Negara ginseng tersebut dahulu termasuk Negara miskin yang tidak bisa bersaing dengan negara lain. Setelah ada suksesi kepemimpinan di Korea Selatan lalu ada perubahan besar tentang paradigma membangun SDM, ada perubahan orientasi dari pertanian ke dunia industri, pemimpin Kersel saat itu mengundang banyak investor dan pelaku industry untuk membuat idustri di Korea Selatan. Dari proses yang telah dilakukan maka ada penyerapan tenaga kerja yang sangat banyak, serta Negara melakukan riset secara terus menerus hingga dihasilkan teknologi yang hebat.

 

Pada akhirnya Korea Selatan menjelma menjadi Negara super power dalam bidang teknologi hingga saat ini, bahkan produk dari Korea Selatan mampu mengalahkan produk dari Negara adi daya Amerika Serikat. Hingga saat ini banyak produk teknologi berasal dari Korea Selatan, baik mobil, ipad, handphone dan mesin industri.

 

Bupati Suyoto juga memberikan pesan untuk calon mahasiswa baru Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro, diantaranya agar mahasiswa sebagai agen of change untuk senantiasa membangun niat dan pemikiran berbuat baik serta bermanfaat untuk orang lain, karena orang yang sukses dan hebat selalu diawali dari upaya untuk berbuat baik dan bermanfaat untuk orang lain.

 

Berlangganan Info Terbaru

Masukkan Nama dan Email Aktif Anda untuk mendapatkan info terbaru AKN Bojonegoro

* SAFE & SECURE - we'll never share your information.
PENTING: harap masukkan email valid dan aktif Anda gunakan, karena link akses kami berikan lewat email.