Home
GERAK JALAN HUT RI KE 68

GERAK JALAN HUT RI KE 68

Gerak jalan 2013

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68, Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro mengikuti gerak jalan 17 km (Dander – Bojonegoro) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2013. Kegiatan gerak jalan tersebut diikuti oleh seluruh sekolah SLTA, Perguruan Tinggi, Instansi pemerintah dan masyarakat umum.

            Lebih lanjut menurut ketua panitia gerak jalan Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro Eman Agus Tunggal, S.Pd diselenggarakannya gerak jalan 17 km tersebut bertujuan untuk mengingat dan menapaktilasi gerakan para pejuang kemerdekaan dan tentu juga untuk membentuk rasa nasionalisme pada diri mahasiswa. Sehingga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut mampu meningkatkan karakter kebangsaan dan kedisiplinan bagi proses pendidikan di AK (Poltek) Negeri Bojonegoro.

            Terdapat tiga regu yang mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya regu dari prodi Teknik Informatika, prodi komputer akuntansi dan prodi teknik otomotif. Masing- masing regu dipilih dan di koordinasikan oleh pengurus HMJ. Untuk tampil dengan baik, telah dilakukan persiapan satu bulan sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, persiapan fisik dan non fisik, latihan baris berbaris dan pembekalan mental.

            Pelaksanaan gerak jalan tersebut menempuh jarak 17 km dengan start komplek taman wisata tirta wana dander dan finish di halaman pendopo kab. Bojonegoro. Pada saat pemberangkatan dari kampus Akademi Komunitas (Poltek) Negeri Bojonegoro, peserta menerima pembekalan dari Direktur AKN Bojonegoro Drs. Yudi Pramono, MM dan juga dari kasubag kemahasiswaan Gunadi, M.Si, sebelum meninggalkan kampus menuju lokasi start seluruh peserta dan panitia melakukan doa bersama untuk keselamatan dan kebaikan rombongan. Ada beberapa titik pos yang dipakai untuk istirahat sejenak, peserta terlihat sangat semangat dan antusias sehingga tidak tampak kelelahan sedikitpun. 

            Filosofi dari jarak tempuh gerak jalan sejauh 17 km diambilkan dari tanggal kemerdekaan 17 Agustus 1945, sehingga seringkali ada penyelenggaraan gerak jalan sejauh 8 km, 17 km dan 45 km. Sehingga diharapkan seluruh peserta mampu mengambil nilai-nilai perjuangan dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.